Logo pa mtw 01

Ditulis oleh Super User on . Dilihat: 45

Dirjen Badilag Lakukan Teleconference Bersama PA Muara Teweh

 telecon

Muara Teweh, (29/05/2019)

Disela kegiatan buka puasa bersama keluarga besar Ditjen Badilag di Jakarta, digelar teleconference dengan beberapa satuan kerja diantaranya PA Muara Teweh, Selasa, 28/05/2019.

Acara teleconference yang langsung dipimpin oleh Dirjen Badilag Dr. H. Aco Nur, SH., MM, juga dihadiri oleh para hakim agung dan seluruh mantan pejabat Dirjen Badilag. Kepada para mantan pejabat Dirjen, Aco memberikan kesempatan untuk menyapa dan berkomunikasi dengan satuan kerja didaerah melalui command center yang menjadi kebanggaannya.

Wahyu Widiana, mantan pejabat Dirjen Badilag pertama, mengapresiasi capaian inovasi yang dilakukan.

"Saya mengapresiasi segala capaian inovasi yang dilakukan oleh Badilag, saya masih sering berkunjung ke daerah dan melihat kemajuan itu" jelas Wahyu.

Salah satu inovasi yang menarik dicermati ialah command center Badilag. Tanpa harus berkunjung ke satuan kerja, Dirjen Badilag bisa memantau langsung kinerja pegawai di setiap Pengadilan Agama. “Melalui tatap muka di udara seperti ini saya bisa memastikan kedisiplinan pegawai. Juga mengevaluasi apakah program prioritas Badilag berjalan dengan baik”, tegas Aco.

Dari PA Muara Teweh tampak hadir seluruh Pimpinan, Hakim, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh staf dan PPPK. Ketua PA Muara Teweh, H. Abdul Hamid, S. Ag. Dalam kesempatan tersebut menyambut antusias adanya inovasi dari Ditjen Badilag.

“Inovasi dari Badilag harus kita imbangi dengan kesiapan perangkat IT yang memadai di satker kita, begitu juga desain ruangan dan operatornya, agar konektivitas berjalan jelas dan lancar” jelas Hamid.

Beberapa satker yang diberikan kesempatan melakukan dialog interaktif dengan Dirjen Badilag antara lain PA Muara Teweh, PTA Palangkaraya, PTA Pontianak, PTA Padang, PA Kaimana, dan beberapa satker lainnya.

telecon 01

Untuk melaksanakan fungsi pembinaan terhadap seluruh satuan kerja pengadilan agama baik tingkat pertama maupun banding, Ditjen Badilag selalu membuat program kerja yang berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia di pengadilan agama baik itu teknis yustisial maupun non teknis yustisial baik dalam bentuk pendidikan dan pelatihan maupun bimbingan teknis.

Banyaknya jumlah satuan kerja dan jumlah pegawai pengadilan agama menyebabkan kebutuhan tenaga dan biaya pembinaan menjadi besar, hal ini berimplikasi pada lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan bimbingan dan monitoring terhadap seluruh hakim dan aparat peradilan jika hal ini dilakukan dengan cara konvensional.

"Perlu dicari cara agar kordinasi antara pusat dan daerah bisa berjalan dengan baik, berbiaya murah, cakupan wilayah dan peserta yang lebih banyak, dan hasil yang lebih maksimal" harapnya.

Luasnya wilayah NKRI dengan kondisi geografis yang rumit di Indonesia menjadikan hal ini sebagai suatu terobosan yang patut untuk diaplikasikan secepatnya.

Ditjen Badilag sedang mengembangkan Badilag Command Center yang mempunyai fungsi tidak hanya untuk pembinaan, namun juga fungsi-fungsi penunjang lainnya untuk meningkatkan kinerja aparat peradilan agama dan menciptakan iklim kordinasi yang lebih efektif dan efisien dalam menjalankan program kerja.

"Dalam waktu dekat, diharapkan seluruh peradilan agama baik tingkat pertama maupun banding sudah terkoneksi, Ditjen Badilag akan mengeluarkan standar minimal perangkat dan ruangan yang harus disiapkan untuk menunjang sistem ini, kedepannya inovasi ini akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan" tutupnya.

Di akhir kesempatan Dirjen Badilag menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap aparat Peradilan Agama seluruh Indonesia yang telah berjuang keras bekerjasama dalam mewujudkan Peradilan Agama yang modern dan terus meningkatkan pelayanan publik. (abd)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Muara Teweh

Jl. Yetro Sinseng No. 25 Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah Kab. Barito Utara Prop. Kalteng

Telp: 0519 - 21240
Fax: 0519 - 24605

Email  : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 lokasi 2 Lokasi Kantor

 

 

Tautan Aplikasi