Logo pa mtw 01

Ditulis oleh Super User on . Dilihat: 51

Sosialisasikan E Court, PA Muara Teweh Gandeng Advokat

 advocat

Guna lebih maksimalnya implementasi Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik, Pengadilan Agama Muara Teweh menggelar sosialisasi kepada seluruh Advokat/Penasehat hukum yang berada dalam yurisdiksinya, Kamis, 27/06/2019.

Sosialisasi yang dihadiri wakil ketua, Panitera, admin dan oleh para Advokat ini bertujuan agar para Advokat sebagai pengguna peradilan dapat lebih mudah dalam berpraktek di Pengadilan Agama. E court adalah layanan penggunan terdaftar untuk pendaftaran perkara secara online (e-Filling), mendapatkan taksiran panjar biaya perkara secara online, pembayaran secara online (e-Payment) dan pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik (e-Summons).

Dalam penyampaian sosialisasi, wakil ketua Pengadilan Agama Muara Teweh, Abdullah, SHI., MH menerangkan, saat ini E- court masih merupakan pilihan atau opsional, namun kedepan opsi itu tidak ada lagi, semua perkara harus melalui e-court. “Kedepan e court sebuah keniscayaan, tidak ada pilihan, Advokat yang tidak terdaftar,praktis tidak bisa beracara diperadilan. Oleh karena itu meskipun saat ini masih “uji coba” tidak ada ruginya jika mulai saat ini e Court sudah harus dipraktekkan” ujarnya.

Panitera PA Muara Teweh, Asmuni, S. Ag., mengatakan adanya e-court ini untuk memperlancar proses administrasi dan pelayanan peradilan bagi pencari keadilan. Sebab, selama ini untuk mendaftarkan perkara setiap pemohon/penggugat atau diwakili advokat harus datang ke pengadilan. “Sekarang dari kantor atau rumah bisa melakukan pengiriman pendaftaran gugatan secara elektronik. Sistem ini agar tercipta asas cepat dan biaya ringan,” kata Asmuni.

Asmuni melanjutkan pembayaran biaya perkara pun semakin ringkas karena terhubung dengan sistem e-payment yang pembayaran ditujukan ke rekening pengadilan pada bank melalui saluran pembayaran elektronik yang tersedia. Saat ini, pembayaran secara elektronik dapat dilakukan melalui bank-bank pemerintah.

Sejak resmi diluncurkan 13 Juli 2018 lalu di Balikpapan, saat ini sudah hampir 99% lembaga peradilan yang sudah menggunakan e-court. Untuk terdaftar sebagai pemilik akun e-court sehingga bisa bersidang di pengadilan-pengadilan ini, para advokat harus mengisi data berikut di laman. http://ecourt.mahkamahagung.go.id. (abd)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Muara Teweh

Jl. Yetro Sinseng No. 25 Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah Kab. Barito Utara Prop. Kalteng

Telp: 0519 - 21240
Fax: 0519 - 24605

Email  : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 lokasi 2 Lokasi Kantor

 

 

Tautan Aplikasi