Logo pa mtw 01

Ditulis oleh Memen A. Husni, SE on . Dilihat: 18

Ketua PA Muara Teweh Mengikuti Acara Penyampaian Laporan Tahunan MA Tahun 2020 Secara Virtual

 Laptah2020 2

Muara Teweh½pa-muarateweh.go.id

Muara Teweh- Rabu tanggal 17 Februari 2021 Pukul 10 : 00 WIB , Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh Bapak Abdullah, S.H.I, M.H mengikuti Acara Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia tahun 2020 yang diadakan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia secara Vicon.

Acara Sidang Istimewa laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia ini di hadiri oleh Presiden Republik Indonesia Ir H. Joko widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K. H. Ma'ruf Amin yang menghadiri acara secara virtual, laporan tahunan ini juga dihadiri secara langsung oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI, YM Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Yudisial, YM Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Non Yudisial, YM Hakim Agung , para Hakim Ad Hoc, para ketua dan kepala pengadilan tingkat pertama, para ketua dan kepala tingkat banding, para eselon I di lingkungan Mahkamah Agung dan para Duta Besar Negara sahabat.

laptah1

Sidang Istimewa di buka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Himne Mahkamah Agung dan  dilanjutkan dengan penyampaian Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI oleh Dr. H. M. Syarifuddin, SH., MH, dengan mengusung tema “Optimalisasi Peradilan Modern yang Berkelanjutan”, beliau menyampaikan bahwa konsep peradilan modern tidak cukup hanya dengan menyiapkan regulasi dan membangun perangkat-perangkat teknologi melainkan harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan para pencari keadilan, dan beliau menyampaikan ditengah masa pandemi mahkamah agung mengambil langkah cepat dengan mekanisme persidangan konvensional menjadi elektronik bagi keselamatan warga peradilan dan para pencari keadilan, serta beliau menyampaikan bagi perkara perdata, parkara perdata agama, perkara tata usaha negara dan perkara perdata militer. Sejak dua tahun lalu telah menerapkan system peradilan elektronik berdasarkan Perma No 3 Tahun 2018 yang kemudian diperbaharui dengan Perma No 1 Tahun 2019 tentang administrasi perkara dan persidangan di pengadilan secara elektronik yang bertujuan untuk mempercepat proses dan memberi kemudahan bagi pencari keadilan untuk menyelesaikan perkara.

Beliau juga memaparkan pencapaian Mahkamah Agung dalam 2 (dua) bagian yaitu bidang Teknis Yudisial dan bidang Kesekertariatan sesuai dengan Perma No 1 Tahun 2020, Perma No 2 tahun 2020, Perma No 3 Tahun 2020, Perma No 4 Tahun 2020, Perma No 5 Tahun 2020 yang diubah dengan Perma No 6 Tahun 2020. Dalam siding istimewa ini beliau juga menyampaikan beban perkara Mahkamah Agung sebanyak 20.761 dan memutus perkara sebanyak 20.544 sehingga menyisahkan perkara sebanyak 199 perkara ini merupakan sisa perkara terendah dalam sejarah berdirinya Mahkamah Agung.

Laptah2020 1

Tujuan utama dibangunnya sistem peradilan modern adalah untuk mempercepat proses penyelesaian perkara dan memberikan kemudahan bagi para pencari keadilan dalam menyelesaikan perkaranya.

Sebelum menutup pidatonya, YM Ketua Mahkamah Agung menyampaikan pesan agar kita semua dapat mengambil hikmah dari setiap kebaikan itu agar kita senantiasa menjadi insan yang bersyukur.

Semoga musibah pandemi Covid-19 dapat berakhir dan kita semua bisa menjalani kehidupan secara normal kembali. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Muara Teweh

Jl. Yetro Sinseng No. 25 Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah Kab. Barito Utara Prop. Kalteng

Telp: 0519 - 21240
Fax: 0519 - 24605

Email  : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 lokasi 2 Lokasi Kantor

fb logo    768px Instagram logo 2016.svg    youtube  

    

 

 

Tautan Aplikasi